Penyaluran Dana PIP Tahun Anggara 2020 PIP untuk Siswa Kurang Mampu

SMP Negeri 1 Biak Kota 2021, Penyaluran Dana PIP tahun Anggaran 2020 di SMP Negeri 1 Biak Kota dilaksankan di Ruang Aula. Sebelum Bendahara menyerahkan Dana kepada setiap siswa yang didampingi Orang tua masing- masing dengan melampirkan foto Copy KIP dan Surat Keterangan Kurang Mampu dari Desa/Kelurahan dimana peserta didik tinggal Kepala Sekolah Bapak Adolf Hein Randongkir, S. Pd,. MM menyampaikan beberapa hal tentang dana PIP tersebut, Kepala Sekolah juga di dampingi Wakil Kepala sekolah Bag. Kesiswaan Bapak Natan, SE dan Wakil Kepala Sekolah Bg. Kurikulum Bapak Heru Cahyono, S. Pt. Dipertemuan tersebut dengan orang tua kepala sekolah menyampaikan bahwa yang berhak menerima Dana PIP itu adalah siswa yang dikategorikan Kurang Mampu. 

 

Lebih Rinci lagi Wakasek Kurikulum ( Heru Cahyono, S. Pt) Menjelaskan tentang apa itu PIP sebagai berikut: 

Tujuan PIP

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Pemanfaatan Dana PIP

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi. jadi dana PIP ini betul- betul digunakan untuk menunjang Pendidikan bukan untuk jajan kebutuhun diluar dari sekolah.

Prioritas Sasaran Penerima PIP

  • Peserta Didik pemegang KIP
  • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
    • Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera
    • Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
    • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam
    • Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
    • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

Itulah bebrapa penjelasan yang disampaikan kepada Orang Tua, setalah mereka mendengar penjelasan tersebut ternyta ada orang tua yang merasa bukan bagian dari kategori penerima bantuan tersdebut. 

 

Pewarta  : Arman

Editor       : Arman

Instgram : @immawanarmand

Fanspage : SMP N 1 Biak Kota

Instagram : @smpn_1biakkota

COPYRIGHT © SMP Neg. 1 Biak Kota 2021

Written by 

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *