Logo
images

Kegiatan MPLS ditengah pandemik Covid 19 dengan mengikuti protokoler Kesehatan

PPDB di Tengah COVID 19 di SMP Negeri 1 Biak Kota tahun Pelajaran 2020/2021

Biak, SMP Negeri 1 Biak Kota 2020, Kalender pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebutkan Tahun Ajaran Baru tetap akan dimulai pada 13 Juli 2020 dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan pada bulan Juni 2020 ini. Sebanyak 10,9 juta calon peserta didik baru SD, SMP, SMA, dan SMK diproyeksikan akan mengikuti program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 tersebut. Akan tetapi, di tengah kondisi darurat Covid-19 ini, proses PPDB tentu tak bisa dilakukan seperti biasanya.

Mengutip Siaran Pers Nomor 117/A6/Sipres/V/2020, Kemdikbud saat ini telah meminta Pemerintah Daerah agar segera menetapkan petunjuk teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020 di wilayah masing-masing. Dan penting untuk ditekankan, di samping menetapkan zona, kuota, dan jalur PPDB, pedoman teknis tersebut juga harus mengatur tata cara PPDB di masa darurat Covid-19.    

Seperti kita tahu, PPDB umumnya dilakukan dengan cara orangtua siswa dan calon siswa datang langsung ke sekolah. Di tengah wabah Covid-19 saat ini, hal tersebut tentu menjadi berbahaya sebab bisa menimbulkan kerumunan banyak orangtua dan siswa di lingkungan sekolah. Di sinilah, Kemdikbud mendorong agar proses PPDB 2020 dilakukan secara daring atau online.  

Lebih baik online

PPDB online adalah sistem yang dirancang untuk mengelola pendaftaran siswa baru jenjang TK, SD, SMP, SMK, dan SMA mulai dari proses daftar, seleksi, hingga pengumuman hasil dilakukan secara online di rumah. Artinya, orangtua dan calon peserta didik tak perlu lagi datang ke sekolah untuk mendaftrakan secara langsung namun bisa mendaftar di rumah atau dimana saja dengan mengakses melaui Laptop/Komputer atau Handphone melalui website yang telah disediakan. Terkait mekanisme PPDB online, Pemerintah Daerah dan sekolah mesti merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan PPDB online adalah pemberian petunjuk yang benar-benar jelas, gamblang, dan mudah dipahami dalam teknis atau mekanisme pendaftaran. Ini agar orangtua siswa atau siswa tidak mengalami kesulitan atau kebingungan saat mengikuti proses pendaftaran--yang membuat mereka pada akhirnya harus datang langsung ke sekolah juga. 

Namun perlu diketahui bagi Orang tua bahwa meskipun mendaftar Online dimana saja akan tetapi tetap harus datang di sekolah tujuan Pendaftran untuk memverifikasi bukti pendaftrannya. 

Info Pendaftran bisa di akses melalui website http://ppdb.smpn1biakkota.sch.id/

 

Sesui dengan Juknis Kementrian pendidikan maka jalur penerimaan diatur sesuai dengan Zona tempat tinggal siswa dengan Sekolah. Akan tetapi setiap daerah atau dinas terkait bisa merubah sesuai dengan kondisi daerah masing- masing  misalnya Khusu di Kabupaten Biak Numfor   jalur PPDB yang disediakan sbb: 

  1. Jalur UMUM/ Reguler  yang diperuntukkan untuk Siswa yang ada disekitar sekolah yang NON Papua dengan persentase daya tampung 40 %
  2. Jalur Afirmasi yang diperuntukkan untuk Putra Daerah Asli Anak Papua yang berada disekitar sekolah dengan persentase 50%
  3. Jalur Prestatsi dan perpindahan orang tua dengan persentase daya tampung 5%

Pelaksaanan PPDB Online di SMP Negeri 1 Biak Kota tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disepakati oleh Dinas Pendidikan, dengan sistem online menggunakan website yang telah disediakan baik dari Dinas pendidikan ataupun disediakan oleh sekolah masing-masing. oleh karena itu kami dari SMP Negeri 1 Biak Kota melaksanakan PPDB dengan menggunkan website sekolah Tutur Kepala SMP Negeri 1 Biak Kota Adolf H. Randongkir, S. Pd., MM 

Sedangakan Tekhnis pelaksanaanya tetap mengikuti Protokoler Kesehatan untuk menghindakerumunan maka kita menyediakan tempat duduk dengan jarak 1 - 2 meter serta 2 Tempat cuci tangan, dispektan, sabun bagi pendaftara sebelum dan sesudah masuk ke bagian registrasi untuk verifikasi data pendaftr tutur " Ketua Panitia Primiati, S. Pd.B" 

Adapun hasil PPDB Thaun Pelajaran 2020/2021 sebagai berikut: 

Rekapitulasi Pendaftar

 

No. Jalur Pendaftaran Daya Tampung Jumlah Pendaftar
1. ZONA AFIRMASI - PD (02.) 80 Siswa 163 Peserta
2. ZONASI KHUSUS (03.) 8 Siswa 19 Peserta
3. ZONASI UMUM - NON PD (01.) 72 Siswa 265 Peserta

Total Pendaftar

No. Informasi Sudah Registrasi Belum Registrasi Jumlah Total
1. Jumlah Pendaftar 447 Peserta - 447 Peserta

 

Melihat hasil rekapitulasi secara kesulurahan, jumlah peminat yang ingin masuk ke SMP Negeri 1 Biak Kota sangat banyak akan tetapi kapasitas yang ditermia hanya berdsarkan jumlah Rombel yang disediakan yaitu 6 Rombel dengan jumlah Siswa 32 sesuai dengan aturan kementrian pendidikan. 

oleh karena itu ini menjadi perhatian khusu buat pemerintah kabupaten untuk lebih memperhatikan sekolah yang jumpalh pemintanya setiap tahun bertambah tetapi kekurangan Ruang belajar. 

 

Pewarta  : Arman

Editor       : Arman

Instgram : @immawanarmand

Fanspage : SMP N 1 Biak Kota

Instagram : @smpn_1biakkota

COPYRIGHT © SMP Neg. 1 Biak Kota 2020

 




Tinggalkan Komentar