Logo
images

Arman, S. Pd Guru Bahasa Inggris VII

SMP Negeri 1 Biak Kota Pindah Ruang Belajar di LPP RRI Biak

ON AIR di RRI Biak " Ibu Pertiwi Memanggil, Belajar Bersama Gurumu Di RRI Biak"

 
Pada saat negara dalam situasi mencekam karena adanya Virus mematikan yang berasal dari WUHAN Cina, penyebaran Virus ini sangat cepat sehingga di berbagai Negara- negara di dunia terinfeksi, sampai memakan korban puluhan ribu jiwa. Termasuk di Indonesia diberlakuakn pengawasan superketa oleh pemerintah, 
Sehingga bayak wilayah-wilyah di Indonsia yang melakukan LOCK DOWN ini bertujuan agar penyebaran Virus tersebut dibatasi dan tidak menyebar ke wilayah lain di Indonesia. Sekarang ada beberapa wilyah di Indoneisa yang masuk zona merah, salah satunya Sulawesi Selatan ini dikategorikan zona merah karena penyebaran virusan Corona tersebut sangat cepat terhadapa Manusia. Hingga hari ini, tercatat ada 2.738 kasus positif Corona di Indonesia. Jumlah tersebut bertambah 247 dari angka sebelumnya.Diketahui, per 6 April 2020, pemerintah mengumumkan ada 209 orang meninggal akibat virus Corona. Sedangkan pasien sembuh ada 192 orang ( Sumber: https://news.detik.com/)
 
 
Sedikit penjelasan tentang Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.
 
Terkhusus di Kabupaten Biak Numfor, Untuk menghindari penyebaran Virus COVID 19 tersebut maka pemerintah mengluarkan Salah satu keputusannya adalah pengendalian semua orang yang keluar atau masuk ke Kabupaten Biak Numfor melalui bandara maupun pelabuhan laut dengan pemberlakuan surat jalan bagi setiap orang.  "Jadi orang yang akan membeli tiket pesawat atau kapal laut dari Biak atau menuju Biak harus menunjukkan surat yg menjelaskan kondisi kesehatan dan kota tujuan. Jika tanpa surat jalan tersebut, seseorang yang tiba di Biak tidak diperkenankan keluar dari bandara atau pelabuhan laut," tegas Bupati Herry Ario Naap. Selain itu,Bupati telah mengeluarkan surat edaran imbauan tidak menggunaan absen finger print dan beralih ke absen manual bagi ASN di lingkungan instansi pemerintah, BUMN/BUMD, instansi vertikal, instansi otonom, perkantoran dan swasta.
 
Sementara terkait peserta didik pada satuan pendidikan baik PAUD/TK,SD,SMP efektif tanggal 17 Maret 2020 hingga dua pekan ke depan diliburkan, kecuali bagi peserta didik yang
tengah mengikuti UNBK selama tiga hari (16-18 Maret 2020). Namun melihat kondisi yang ada maka Pemerintah Kabupaten Biak numfor kembali memperpanjang masa libur sampai tanggal 19/04/2020 bagi Peserta didik. 
 
 
Untuk mengisi waktu libur tersebut maka Pemerintah melalui RRI biak melakukan kegiatan agar siswa atau peserta didik tetap belajar meskipun hanya dirumah saja. Kegiatan tersebut dirangkum dengan tema " Ibu Pertiwi Memanggil Belajar Bersama Gurumu di RRI" Kegiatan ini dilaksanakn sejak dikeluarkannnya keputusan Pemerintah Kabupaten Biak numfor untuk Lock down wilayah. Pihak LPP RRI Biak melakukan kerjasama dengan SMP Negeri 1 Biak Kota. 
Kepala SMP Negeri 1 Biak Kota sangat terbuka menerima program tersebut ketika pihak RRI mendatangi Kantor Kepala Sekolah untuk menjelaskan rancangan kegiatan selama libur Lock Down. 
" Ini sangat bagus dan saya selaku kepala sekolah SMP Negeri 1 Biak Kota sangat berterimakasi atas kepercayaan yang diberikan untuk mengisi kegiatan Belajar di RRI, Tentu ini adalah hal baru bagi kami khususnya Guru-gur yang akan mengisi Mata Pelajaran lewat RRI Biak, Kalau selama ini kami Mengajar didepan kelas langsung bertatap muka dengan siswa itu itu bagi kami hal biasa tetapi untuk mengajar atau menyanpaikan materi lewat siaran Radio tentu ini sangat asing bagi kami akan tetapi kami tetap akan berusaha dan sebagai pembelajaran baru bagi Guru-guru" tutur Kepala SMP Negeri 1 Biak kota Adolf Hein Randongkir, S. Pd., MM.
 
Adapun Mata Peljaran yang di sampaikan lewat Program Ibu Pertiwi Memanggil, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika,IPS, IPA dan PKN ini semua di khususkan buat kelas delapan saja. untuk semua siswa yang ada di kabupaten biak numfor. 
kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 30/03/2020 dan rencana akan berakhir tanggal 17/04/2020. Kegiatan ini sangat di apresiasi oleh dinas pendidikan Biak Numfor, Bahkan Kepala Dinas Pendidikan Biak numfor dan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Supiori dan jajarannya menyempatkan diri untuk berkunjung dan melihat langsung bagaimana guru saat siaran di radio menyampaikan materinya. Antusiesme atau partisipasi siswa juga terlihat sangat besar dengan melihat banyaknya peserta didik yang bertanya secara langsung, baik lewat Telepon, Whastup, Instagram sehingga penyanyi mata pelajaran terkdang tidak sempat meneyelsaiakn jawaban perntayaan daris siswa karena dibatasi oleh waktu. 
Copyright@smpn12020
Penulis:IMMawan Arman
Edit: IMMawan Arman



Tinggalkan Komentar